Cari Blog Ini

Memuat...

Senin, 31 Oktober 2011

TAPANULI TENGAH " NEGERI WISATA SEJUTA PESONA "

TAPTENG MENUJU " NEGERI WISATA SEJUTA PESONA "
Bupati Tapanuli Tengah Raja Bonaran Situmeang SH MHum ketika mensosialisasikan Tapteng sebagai Negeri Wisata Sejuta Pesona di hotel Wisata Indah Sibolga Jum'at 28/10/2011 ( Foto : Amir Dolok Saribu / Tombak Nagara.)


TAPANULI TENGAH- SUMUT.

Bupati Tapanuli Tengah Raja Bonaran Situmeang SH MHum mencanangkan ikon untuk Tapteng dengan julukan " Negeri Wisata Sejuta Pesona ". Dalam konferensi pers nya Jum'at malam ( 28/10 ) jam 19.00 wib di hotel Wisata Indah Sibolga Bonaran mengundang sejumlah tokoh masyarakat, aktifis dan pemerhati lingkungan, Kalangan LSM dan Pers dalam mensosialisasikan bentuk ikon tersebut.

Dalam siaran pers tersebut Raja Bonaron Situmeang menggandeng&Membentuk tim ekspedisi bersama sejumlah aktifis lingkungan bersama DANLANAL Sibolga Tapteng mengadakan penelitian dan konservasi kesejumlah tempat terhadap kekayaan Sumber Daya Alam Laut Pantai Barat Tapteng dintara nya Pulau Mursala, Pulau Putri dan Sijonggi. Dari hasil tim ekspedisi tersebut Raja Bonaron Situmeang memvisualisasi kan nya dalam bentuk infokus di
hadapan Muspida dan masyarakat Tapteng pada pertemuan pencanangan Tapteng Negeri Wisata Sejuta Pesona.

Dari hasil observasi tersebut ditemukan banyak variasi kekayaan biota laut, seperti Terumbu Karang  dan Tapteng memiliki Pantai terbaik di Pulau Sumatera Utara. " Tapteng adalah yang terbaik air pantai nya dan memiliki variasi biota laut dan Terumbu Karang yang indah ," jelas Muis di hadapan bupati selaku instruktur pada infokus yang mantan Danlanal Sibolga Tapteng Dan juga memimpin Tim Ekspedisi Diving di Pulau Mursala, Pulau Putih dan Sijonggi.

Sebelum nya juga Bupati Raja Bonaron Situmeang telah melakukan penaburan benih ikan di Pulau Putri dan meninjau objek Wisata Air Terjun Pulau Mursala. Dalam observasi tersebut Tapteng memiliki kekayaan objek wisata Bahari, wisata Alam, Air Terjun, Religy, Sejarah seperti hal nya kecamatan Barus sebagai Historys pertama kali nya masuk agama Islam ke Indonesia.

" Kita akan bangun bersama Tapteng menjadi kota wisata Rohani,seperti hal nya Barus sebagai kota pertama masuk nya Islam ke Indonesia dan untuk Tapteng kita canangkan dengan julukan Negeri Wisata Sejuta Pesona dan kita telah bekerja sama dengan pemprovsu dalam mewujudkan cita-cita Tapteng ," Ungkap Raja Bonaron Situmeang di hadapan Muspida Plus Tapteng dan masyarakat yang hadir. Untuk itu, lanjut Bonaran, mari kita semua masyarakat Tapteng mewujudkan program ini, dan salah satu yang paling mendasar agar pariwisata Tapteng terwujud adalah kesadaran dari dalam hati dan masyarakat nya harus ramah tamah dan kepada seluruh lapisan masyarakat, diharapkan untuk menjaga kekayaan SDA wisata Bahari Tapteng.

Tahun 2013 julukan Tapteng sebagai Negeri Wisata Sejuta Pesona diharapkan terlaksana dengan baik. " Tahun 2011 kita masih dalam pencanangan dan Tahun 2012 kita benahi infra struktur, diantara nya pasilitas, aksebilitas dan pembenahan masyarakat dan tahun 2013 kita sudah go publik ," terang Bonaran. Dalam mempromosikan Tapteng sebagai Negeri Wisata Sejuta Pesona Raja Bonaran menggandeng sejumlah artis ibu kota Jakarta untuk mebuat film tentang kekayaan pariwisata Tapteng yang telah dilakukan ovservasi jauh hari sebelum nya dan segera akan di mulai pembuatan film nya dan setelah usai nanti nya copy film tersebut akan di bagikan kepada masyarakat Tapteng.

" Kita telah undang artis ibu kota Jakarta untuk mempromosikan Tapteng yang di sutradarai teman kita Alamsyah, dan kawan-kawan di Jakarta dulu dan setelah selesai pembuatan film nya kita akan bagikan CD nya kepada masyarakat Tapteng," ujar Bonaran Situmeang. Kita harapkan, sambung Bonaran " roh " kepariwisataan Tapteng terangkat kempermukaan dimana kita saling bekerja sama bahu membahu mewujudkan cita-cita tersebut, sebab selama ini potensi tersebut terpendam padahal masyarakat mengakui akan kekayaan dan potensi wisata di Tapteng.

Sementara itu Jamarlin Purba S.Sos mewakili DPRD TK II Tapteng mendukung program Bupati Tapteng dan ini sudah lama di nanti-nantikan oleh masyarakat. " Sebenar nya hal seperti inilah yang di nanti-nantikan oleh masyarakat Tapteng dan kita dukung sepenuh nya program tersebut ," kata Jamarlin Purba yang juga ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia ( HNSI ) Tapteng, saat dimintai keterangan usai sosialisasi pencanangan Tapteng sebagai Negeri Wisata Sejuta Pesona. Ditanyai apakah impian Bupati tersebut dapat terwujud Jamarlin Purba optimis terlaksana.

" Progaram bapak Bupati tersebut akan terlaksana yang penting infra struktur nya di benahi di bangun dengan prima serta masyarakat nya juga harus dilakukan pembinaan-pembianaan, dan kunci nya terpulang pada kesadaran hati kita semua untuk menjaga kekayaan wisata Tapteng agar wisatawan betah dan nyaman di samping itu terus mengadakan sosialisasi dan promosi wisata Tapteng dengan seluruh stakeholder ," papar Jamarlin Purba.

Pendapat serupa juga di utarakan oleh tokoh masyarakat Tapteng sekaligus pemerhati pariwisata, Ir. Edward Huta Barat , bahwa program tersebut benar-benar mengangkat harkat dan martabat Tapteng.

" Bapak Bonaran itu orang nya gigih, dan benar-benar seorang putera daerah yang ingin membangun kampung halaman nya dan apa bila program ini terwujud akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat sebab pariwisata itu memiliki multi efek dan kita dukung itu ," ungkap Edward Huta Barat.

Mengenai kesiapan Bupati Tapteng dalam mepromosikan tapteng sebagai Negeri Wisata Sejuta Pesona saat ini telah di mulai pembuatan Film Lepas yang bertajuk " Mansalar 1311 " yang mengambil lokasi shooting di sejumlah tempat-tempat wisata Tapteng diantara nya di Pulau Mursala, Pulau Putri, Air Terjun Silaklak, Makam Mahligai Barus, namun masih off the record.

" Kita lebih mengedepankan Film ini berisi kekayaan pariwisata Tapteng dan Potensi SDA nya, disamping itu ada drama percintaan dan adventure namun saat ini kita off the record biar bikin heboh Tapteng," kata Alamsyah selaku Sutradara pembuatan film tersebut dan secara bersamaan dengan sang artis Ria Anna Sinaga SH. Dan film ini , imbuh Alamsyah, memakan waktu 10 hari dan 6 hari kita fokus di Tapteng.

Ditanyai mengenai pendanaan pembuatan film tersebut Ria Anna Sinaga SH yang turut sebagai pemain utama wanita untuk ikon pariwisata Tapteng dan juga tergabung dalam Law Firm Raja Bonaron Situmeang & Farthnes sebagi Advokad dan Legal Consultan di jakarta menjawab bahwa mereka telah menghubungi pihak PT. Telkomsel.

" Kita telah mengadakan loby dengan pihak Telkomsel dan mereka setuju untuk membiayai pembuatan tersebut sebagai seponsor kita , " terang Anna sapaan akrab nya. Kita bersama Sekartaji Production, lanjut Anna, dan Telkomsel akan membuat film lepas tayang tersebut bertajuk "Masalar 1311 " dan kami berharap doa dari masyarakat Tapteng agar pembuatan nya berjalan sukses, semoga cita-cita kita mewujudkan Tapteng sebagai Negeri Wisata Sejuta Pesona terwujud menjadi nyata dan menjadi kebanggaan bagi masyarakat Tapteng.

Dalam pencanangan Tapteng sebagai Negeri Wisata Sejuta Pesona Raja Bonaran Situmeang juga merangkul insan-insan pers untuk mempromosikan kekayaan pariwisata dan keindahan panorama Tapteng dan meletakan tanggung jawab tersebut di pundak puter-putera daerah dalam mengangkat harkat dan martabat Tapteng dan Pers sebagai matador pembangunan di tapteng sesuai dengan fungsi pers yang di amanatkan dalam UU Pers No 40 Tahun 1999.


" Saya berharap penuh kepada rekan-rekan pers bahwa keberhasilan ini akan terwujud apabila pers nya mendukung, dan peran pers sangat menentukan sebagai tolak ukur pembangunan di Tapteng sebab pers sebagai corong dalam memberitakan segala yang baik dan yang buruk, pers lebih banyak mengetahui karena langsung bersentuhan dengan masyarakat, kita hanya melaksanakan program nya saja, tapi apabila pers nya tidak mendukung maka sebagus apapun program nya pasti tidak akan bisa terlaksana dan berdampak buruk ," papar Bonaran.

Dalam pembuatan Film Mansaalar1311 di kabarkan Bupati Tapanuli Tengah juga turut bermain dalam film tersebut.(***)
                                                    Ria Anna Sinaga SH. Pemeran Wanita dalam Film Mansaalar1311        
                                                       Alamsyah dan Ria Anna sinaga SH.
                      Ria Anna Sinaga SH saat survei lokasi shooting Mansaalar1311 di Pulau Mursala.

           TAPANULI TENGAH " NEGERI WISATA SEJUTA PESONA " Pantai Pariwisata Pulau Putri.
Pantai Kahona Barus, Tapanuli Tengah.Di Pantai ini tengah dilakukan penggarapan film Berjudul Mansaalar 1311 garapan sutradara Alamsyah yg di perankan oleh Ria Anna Sinaga SH bersama Production House Sekartaji dan Law Firm RB Situmeang Jakarta yang di seponsori oleh PT. Telkomsel. Kabar nya Bupati Tapteng Raja Bonaron Situmeang turut bermain di film ini. Film ini di buat bertujuan mencanangkan Tapteng Sebagai Negeri Pariwisata Sejuta Pesona. Mengangkat " Roh " pariwisata yg sekian puluh tahun terpendam.

Pulau Mursala.Di Pantai ini tengah dilakukan penggarapan shooting Berjudul Mansaalar 1311 garapan sutradara Alamsyah yg di perankan oleh Ria Anna Sinaga SH bersama Production House Sekartaji dan Law Firm RB Situmeang Jakarta yang di seponsori oleh PT. Telkomsel. Kabar nya Bupati Tapteng Raja Bonaron Situ meang turut bermain di film ini. Film ini di buat bertujuan mencanangkan Tapteng Sebagai Negeri Pariwisata Sejuta Pesona. Mengangkat " Roh " pariwisata Tapteng yg sekian puluh tahun terpendam.

Makam Mahligai Barus. Tapteng salah satu ikon Tapteng Negeri Wisata Sejuta Pesona. Makam tesebut merupakan sebuah situs sejarah wisata religy masuk nya pertama kali Islam Ke Indonesia. Tidak jauh dari lokasi tersebut di jumpai makam berukuran yg panjang nya 9 M menurut masyarakat makam tersebut di yakini sebagai ulama dan banyak di kunjungi untuk berjiarah.

Pulau Mursala.Di Pantai ini tengah dilakukan penggarapan shooting Berjudul Mansaalar 1311 garapan sutradara Alamsyah yg di perankan oleh Ria Anna Sinaga SH bersama Production House Sekartaji dan Law Firm RB Situmeang Jakarta yang di seponsori oleh PT. Telkomsel. Kabar nya Bupati Tapteng Raja Bonaron Situ meang turut bermain di film ini. Film ini di buat bertujuan mencanangkan Tapteng Sebagai Negeri Pariwisata Sejuta Pesona. Mengangkat " Roh " pariwisata Tapteng yg sekian puluh tahun terpendam.
Pulau Putri .Di Pantai ini tengah dilakukan penggarapan shooting Berjudul Mansaalar 1311 garapan sutradara Alamsyah yg di perankan oleh Ria Anna Sinaga SH bersama Production House Sekartaji dan Law Firm RB Situmeang Jakarta yang di seponsori oleh PT. Telkomsel. Kabar nya Bupati Tapteng Raja Bonaron Situ meang turut bermain di film ini. Film ini di buat bertujuan mencanangkan Tapteng Sebagai Negeri Pariwisata Sejuta Pesona. Mengangkat " Roh " pariwisata Tapteng yg sekian puluh tahun terpendam.
                                                       Air Terjun Silaklak Kolang, Tapteng.
Pulau Mursala.
 Poto Bersama, Bupati Tapanuli Tengah Raja Bonaran Situmeang SH MHum dan Istri bersama Production House Sekartaji dan Law&Firm RB Situmeang Jakarta di Hotel Wisata Indah Sibolga.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar